Senin, 20 April 2009

Eksotisme Pulau Sempu


Eksotis!
Itulah ungkapan pertama pada saat sampai di Segara Anakan, Pulau Sempu. Nggak salah jika, salah satu televisi swasta menayangkan lokasi ini dalam salah satu program acaranya. Segara Anakan, sebuah laut plus pasir putihnya dalam sebuah pulau. Dalam bahasa Jawa Segara berarti Laut, sedangkan Anakan berarti Anak/Kecil. Segara Anakan berair tenang, kontras dengan Samudra Hindia di luar pulau yang berombak besar. Air Segara Anakan bersumber dari deburan ombak Samudra Hindia yang masuk melalui lobang karang di salah satu sisi karang yang mengelilingi Pulau Sempu. Keindahan Segara Anakan terletak ada pada airnya yang tenang dan jernih, sehingga biota di dalamnya terlihat. Bentangan pasir putih di salah satu sisinya semakin menambah keindahan Segara Anakan.
Segara Anakan dapat dicapai setelah menempuh perjalanan kaki selama lebih kurang satu jam dalam hutan cagar alam Pulau Sempu. Buat mereka yang tidak terbiasa jalan kaki, pastilah akan merasa capek. Tapi jika kita menikmati idahnya isi hutan tersebut, dijamin nggak bakal capek. Nggak perlu takut nyasar, karena sudah ada jalur tracking. Takut binatang buas? Nggak usah takut! Berdasarkan pengalaman, jarang ditemui binatang buas dalam hutan Pulau Sempu.
Para pengunjung Segara Anakan, biasanya datang berkelompok untuk menginap di sana sambil mendirikan kemah, karena keindahan Segara Anakan semakin lengkap dinikmati saat malam hari dalam keheningan yang sepi terlebih saat bulan purnama, sambil menikmati ikan bakar.
By the way, Pulau Sempu terletak di kawasan wisata Pantai Sendang Biru di Malang Selatan. Lebih kurang 2 jam perjalanan kendaraan bermotor dari Kota Malang. Untuk mencapai Pulau Sempu, dari Sendang Biru kita bisa nyeberang sekitar 10 menit dengan menggunakan perahu motor atau perahu dayung yang banyak disewakan di sana. Biaya sewa perahu motor sekitar 100 ribuan. Ketika sampai di Pulau Sempu, kita tinggal janjian sama tukang perahunya, mau dijemput kapan. Mau Bawa ikan untuk di bakar di Segara Anakan? Jangan kuwatir! Kita bisa dengan mudah mendapatkannya di TPI atau yang dijajakan oleh nelayan. Dijamin masih seger!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar