Senin, 20 April 2009

Sambal Cibiuk


Akhir bulan lalu kami dapat tugas kantor ke Bandung. Wuih senengnya! Akhirnya nyampe juga ke Bandung lagi, setelah terakhir saya ke sana bulan Maret tahun lalu. Kami berenam, memilih naik kendaraan sendiri dari pada naik kereta, dengan pertimbangan akan lebih leluasa berkeliling, disamping karena harus mampir dulu ke Pati pulangnya. Tidak banyak yang berubah dari Bandung, tetap indah dan macet! Setelah tugas kantor selesai, rugi dong kalo nggak jalan-jalan, apalagi waktunya masih ada. Dan, belanja pasti hukumnya wajib kalo lagi di Bandung. Pasar baru, Dago, dan Cihampelas habis kita obrak-abrik. Hehehe... Emang Satpol lagi tugas!
Pulang dari Bandung, kita memutuskan lewat jalur utara. Disamping karena memang mau ke Pati, kami juga pingin mampir ke Sumedang untuk cari Tahu Sumedang yang fresh from open! Muas-muasin beli tahu sumedang, kami jadi lupa kalo belum makan sejak keluar dari Bandung. Akhirnya, perlahan kami jalan sambil lirik kanan-kiri cari tempat makan. Chiiiiittt!!! Mobil di-rem mendadak, takkala kami melihat Rumah Makan Sambal Cibiuk di seberang kanan jalan. Saya langsung ingat acara kuliner di Trans TV yang mengupas makanan yang satu ini. Hm, pasti enak nih. Entah lah ini lagi di Desa Cibiuk atau tidak. Tapi setahu saya, Desa Cibiuk ada di Garut.
Wuih keringat langsung ngocor setelah makan. Pedes pisan euy! pantesan, cabe rawitnya menumpuk! Rasanya sedikit aneh sih, tapi tetap hendos gandos lah. Ketika saya coba tanya ke salah satu pelayan gimana resepnya, cuma jawaban nggak tau yang saya dapat. Rahasia dagang kali. Tapi kalo ditelaah dari rasanya, selain cabe rawit dan tomat sebagai komponen pokok, ada aroma kencur, jeruk nipis, kemangi, terasi dan bawang putih.
Untuk pendamping sambal cibiuk, kayaknya sama saja dengan lalapan khas Sunda lainnya. Ada Labu siam, daun sla, kacang panjang, dan mentimun. Lauknya bisa pilih ayam goreng, ikan goreng, ikan asin, tempe dan tahu goreng. Sambal cibiuk ada dua macam, sambal cibiuk hijau dan merah. Sama saja, bedanya cuma pengunaan tomatnya, tomat hijau atau tomat merah. Terserah tinggal pilih yang mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar